Free tutorials and consultations MENDELEY, SPSS, EXPERT CHOICE, SUPER DECISION, etc. Every Friday at 10:00 am on the 3rd Floor of Campus A STEI Indonesia. Please call the cellphone number or WA 081210106680.

20170410

Teknik Optimasi SEO untuk Meningkatkan Traffic Website

Berikut tulisan yang saya ambil dari web digitalmarketer.id yang dipublikasi pada tanggal 29 September 2015.
Apakah Anda siap untuk melipatgandakan traffic website Anda?
Karena, berjualan online tidak akan selalu membawa keuntungan jika Anda sebagai pelaku bisnis tak mengetahui strateginya. Ya, ini mengenai traffic website. Jelas, untuk mendapatkan peningkatan traffic dan konversi yang signifikan, Anda perlu memahami dan memenuhi kebutuhan target market Anda terlebih dahulu. 
Dengan begitu, ribuan bahkan jutaan orang akan mencari website Anda.
Berdasarkan data yang diperoleh melalui B2B Marketing, setiap bulannya banyak orang menggunakan Google untuk melakukan lebih dari 10,3 miliar pencarian. Bukan hanya itu saja, dari perolehan tersebut, sebanyak 78% di antaranya banyak yang membuka sebuah website untuk melakukan research produk dan jasa.
Jika website Anda memperoleh peringkat tertinggi dari kotak pencarian Google, lalu apa artinya?
Tentu saja, hal tersebut akan mampu meningkatkan profit bisnis Anda. Karena, website Anda telah mendapatkan lebih banyak klik. Menurut Hubspot, 80% dari traffic sebuah website dimulai dengan sebuah pencarian melalui search engine. Itulah sebabnya, optimasi SEO sangat penting.
Berikut adalah 10 Teknik SEO canggih yang dapat Anda terapkan secara langsung untuk meningkatkan jumlah pengunjung, traffic, dan tingkat konversi dari website Anda.
1. Audit Kerangka Website Anda
Audit kerangka website ini akan berfokus pada mendapatkan traffic dan konversi yang tinggi.
Secara umum, audit adalah pemeriksaan sistematis yang meliputi konsep, hasil, ataupun melalui segi financial yang digunakan sebagai acuan untuk pengambilan keputusan yang cerdas. Dalam dunia SEO, audit merupakan teknik untuk melacak pertumbuhan bisnis Anda yang mampu menarik dan mempertahankan customer.
Description: SEO 1
Jadi, Anda harus mampu meneliti kinerja website Anda secara keseluruhan. Kemudian, menetapkan dan menerapkan tujuan yang baru berdasarkan analisis Anda. Ini akan mampu membantu meningkatkan keuntungan Anda tanpa harus bersusah payah.
Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang dapat Anda gunakan untuk melakukan audit website dan menemukan kesempatan untuk meningkatkan traffic website Anda:
#Langkah 1: Kunjungi QuickSprouts. Ketikkan URL website Anda pada kotak pencarian. Kemudian, klik “Login with Google”.
Description: SEO 2
#Langkah 2: Menganalisis kinerja website Anda
Description: SEO 4
Berdasarkan analisis melalui gambar di atas, Anda bisa melihat bahwa Postivityblog.com memiliki load yang cukup cepat dengan size page sebesar 575.9 KB dan 33 requests.
Bahkan, melalui fitur ini Anda dapat mengetahui SEO score Anda.
Pada gambar di atas, juga disebutkan terdapat 3 warnings. Ini merupakan elemen halaman yang dapat dihilangkan atau diperbaiki. Ketika Anda melakukan scroll ke halaman hasil, maka Anda akan menemukan warnings seperti gambar di bawah ini:
Description: SEO 3
Pada gambar warnings di atas, disebutkan bahwa judul terbaik mengandung 15-65 karakter. Sedangkan yang diperingkatkan pada kotak “What  to do fix” judul yang dipubikasikan mempunyai jumlah karakter yang melebihi batas rekomendasi.
Judul merupakan elemen penting dari SEO.
Untuk itu, Anda harus membuatnya sebuah judul dengan tepat. Hal ini dikarenakan, judul merupakan dasar dari standar-compliant HTML. Itulah sebabnya mengapa Google mengarahkan HTML dengan judul tersebut ke website Anda. Jika pembuatan dan penggunaan judul sudah tepat, maka hal tersebut akan berdampak pada peningkatan traffic website Anda.
Terpenting, judul dapat menciptakan sebuah solusi dari pengalaman yang dirasakan oleh calon customer Anda.
Note: Ketika Anda melakukan audit kerangka website Anda, maka kemungkinan besar Anda akan menemukan kesalahan lain beserta saran tentang cara untuk memperbaikinya, QuickSport adalah tools yang tepat unntuk Anda.
2. Data Research Via End User Value
Seperti yang kita ketahui, Google bukanlah perusahaan periklanan. Melainkan, Google adalah sebuah data dari perusahaan besar. Setiap tools, platform, dan perangkat dari Google telah dirancang untuk memiliki satu tujuan.
Yakni, untuk mendapatkan data dari pengguna dan menggunakannya untuk membangun sistem yang lebih baik lagi.
Ingat tujuan Anda dan tetaplah fokus pada target market Anda. Tujuan Anda sekarang ini hanyalah demi melipatgandakan traffic website Anda di antara website kompetitor lainnya.
Description: SEO 6
Dengan kata lain, calon customer Anda yang tertarik dengan produk atau jasa  telah memberikan umpan balik. Selanjutnya, kini giliran Anda yang menentukan apa jenis konten yang cocok untuk mereka.
Intinya adalah, Anda harus mengetahui terlebih dahulu data yang relevan dengan minat dari calon customer Anda.
Terdapat beberapa platform media sosial yang dapat Anda gunakan. Anda hanya harus mengetahui di mana target market Anda berkumpul, dan topik apa yang selalu mereka bicarakan.
Cara lainnya yang umum untuk mendapatkan data pengguna adalah, melalui penelitian kata kunci.
Untuk membuat sebuah konten, sebelumnya sangat penting sekali untuk melakukan survei keyword. Mungkin Anda telah mengenal sebuah tools yang dapat membantu Anda dalam melakukan survei keyword, ya itu adalah Google Adwords.
Namun, kali ini DigitalMarketer akan menggunakan tools lainnya yang belum banyak diketahui. Gunakan Ubersuggest untuk menghasilkan kata kunci yang cukup panjang berdasarkan yang banyak dicari oleh orang melalui Google.
Langkah #1: Kunjungi Ubersuggest.org. Selanjutnya, masukan keyword dan negara tujuan survei Anda pada kotak menu yang telah disediakan. Selanjutnya, klik ‘suggest’.
Langkah #2: Pilih keyword yang Anda inginkan. Rekomendasi keyword yang muncul didasarkan pada pencarian Google yang banyak dicari. Anda mungkin tidak menemukan frase keyword ini  ketika Anda menggunakan Google Adwords Keyword Planner.
Description: SEO 5
3. Buat Sekaligus Optimalkan Landing Page
Sebuah landing page yang dirancang dengan baik akan mampu meningkatkan lead dan konversi penjualan Anda. Jika Anda membuat landing page untuk kebutuhan bisnis Anda, itu artinya kesempatan untuk mendapatkan traffic yang besar juga akan terbuka lebar.
Sayangnya, tidak banyak pelaku bisnis yang sepenuhnya memahami akan pentingnya landing page.
Description: SEO 7
Berdasarkan data menurut MarketingSherpa, 44% klik akan mengarah ke home page, bukannya landing page. Tentu, home page adalah sesuatu hal yang penting. Namun, landing page juga tak kalah penting. Karena, melalui landing page Anda akan  memulai sebuah hubungan yang lebih dekat dengan calon customer.
Untuk itu, sangat penting sekali membuat landing page dengan desain yang berkualitas dan topik populer.
Jika Anda telah mempunyai landing page, maka coba perhatikan apakah landing page Anda telah mempunyai SEO yang cukup baik?
Mari kita cari tahu…
Kunjungi Ahrefs.com dan ketikkan URL dari landing Page Anda seperti pada gambar di bawah. Selanjutnya, klik ‘search links.’
Description: SEO 8
Seperti yang Anda lihat melalui gambar di atas. Landing page ini memiliki 7699 inbound link terpercaya. Bahkan, telah mendapatkan lebih dari 1000 tweets dan 466 like untuk Facebook. Bahkan, Anda masih dapat menggali lebih jauh lagi untuk melihat efektivitas landing page Anda melalui Ahrefs.com
Terlepas bagaimana hasil track yang telah Anda lihat melalu Ahrefs.com, dalam penelitian terbaru mengatakan bahwa 48% dari pelaku bisnis telah membangun landing page untuk setiap kampanye pemasaran mereka.
Tujuannya, yakni untuk meningkatkan traffic website dan mendapatkan konversi tinggi.
Namun, unttuk mendapatkannya tidak segampang membalikkan telapak tangan. Anda harus memperhatikan desain dan copywriting dari landing page Anda.
Ingat, landing page yang sukses dimulai kerangkanya dari judul, deskripsi, poin-poin, dan seterusnya.
Description: SEO 9
Tujuan lainnya pembuatan landing page adalah, untuk menjalin interaksi yang lebih dekat dengan audiens Anda.
Dengan membuat landing page, Anda juga dapat memperoleh email list dari customer, sehingga dengan mudah Anda dapat memberikan penawaran melalui email marketing dan mendongkrak konversi penjualan >> Buat dan Isi Landing Page Pertama Anda Hanya di Labs
4. Memanfaatkan Platform Sosial
Tentu, bagi Anda yang baru saja membuat website atau sebuah blog, maka cukup sulit untuk memperoleh peringkat yang baik di mesin pencari Google. Hal ini dikarenakan, authority domain dan otoritas halaman yang masih sangat rendah.
Namun Anda tak perlu khawatir, karena Anda masih dapat memanfaatkan platform sosial yang lebih besar.
Ketika DigitalMarketer.id menyinggung platform sosial yang besar, tentunya situs tersebut akan mengacu ke jutaan pengunjung dalam setiap harinya. Dan situs tersebut dapat mempengaruhi peringkat karena mereka begitu menargetkan kata kunci yang digunakan.
Bukan. Kita bukan berbicara tentang Facebook, Twitter, atau Linkedln.
Karena, ketiga media sosial tersebut tidak mempengaruhi SEO, sehingga tak berhubungan pula dengan peringkat pada search engine Google secara langsung. Melainkan, hal itu akan meningkatkan interaksi terhadap calon customer.
Melainkan, kita sedang mengacu pada situs Docstoc, Slideshare, Blogger, Quora, dan lainnya.
Situs-situs ini mampu memberikan kesempatan bagi Anda untuk meningkatkan peringkat pencarian, dan membangun jaringan hanya dalam waktu singkat.
Description: SEO 10
Lalu yang perlu dipertanyakan adalah, apakah dengan memanfaatkan platform sosial tersebut mampu meningkatkan traffic pencarian Anda pada peringkat search engine sekelas Google?
Ya, hal tersebut mungkin saja terjadi. Seklama Anda memperhatikan kata kunci yang Anda gunakan.
Misalnya saja, Anna Hofman mendapatkan 243.000 views dalam waktu 30 hari dengan mempublikasikan kontennya melalui Slideshare. Bahkan, presentasinya berada di antara 1% paling banyak dilihat pada tahun 2013 lalu.
Description: SEO 11
Jika Anda juga ingin memanfaatkan Slideshare sebagai booster untuk meningkatkan traffic Anda, maka berikut ini adalah langkah dasar yang harus Anda ambil:
Langkah #1: Cari Topik Populer
Jika Anda membuat konten presentasi tanpa memperhatikan topik yang diangkat, maka hal tersebut tidak menjadi booming.
Untuk itu, cari dan gunakan topik diskusi yang sedang tren di banyak blog. Sama halnya seperti Anda mencari ide ketika hendak melakukan posting blog, maka Anda harus mengidentifikasi apa yang sedang orang bicarakan.
Mengatasi hal tersebut, coba kunjungi Growthhackers.com, yang merupakan komuitas online yang tepat unuk Anda gunakan dalam mencari sebuah topik yang populer.
Pilih satu topik yang menarik minat Anda yang masih berhubungan dengan bisnis Anda.
Description: SEO 12
Langkah #2: Buatlah Secara Garis Besar
Ketika Anda membuat sebuah konten presentasi dari sebuah artikel atau lainnya, maka ambil poin kunci dan buatlah secara garis besar. Anda harus pintar bagaimana mengemas sebuah konten yang panjang menjadi ringkas dan menarik.
Dengan begitu, pembaca yang sedang menyimak presentasi Anda melalui Slideshare tidak akan bosan karena bayaknya penjelasan yang harus dibaca.
Usahakan untuk membahas satu buah poin secara garis besar dalam satu slide.
Langkah #3: Cari Gambar Pendukung
Untuk membuat presentasi Anda dibaca banyak orang melalui Slideshare, maka Anda harus menambahkan presentasi Anda dengan sebuah gambar yang tepat.
Hal ini dimaksudkan untuk memikat dan mempertahankan perhatian pembaca.
Untuk menemukan gambar dengan kualitas yang baik, Anda dapat mencarinya melalui FreeStockPhoto.com
Description: SEO 13
Langkah #4: Belajar Langsung dari Ahlinya
Tidak ada cara terbaik untuk meningkatkan traffic dan peringkat pada Google selain dengan belajar pada ahlinya.
Untuk itu, pelajari presentasi yang ditampilkan pada home page Slideshare.
Description: SEO 15
Pertimbangkan, bagaimana mereka mengemas presentasi yang telah dibuat dan menggunakan gambar yang tepat untuk menjelaskan materi melalui visual. Bahkan, Anda juga dapat menggabungkan statistik dan data yang mampu mendukung fakta yang sebelumnya telah dijelaskan.
Belajar dari presentasi dengan pengunjung terbanyak dari Slideshare adalah cara terbaik.
Bagaimana, menarik bukan? Anda dapat menerapkan teknik SEO ini untuk mendongkrak dan melipatgandakan traffic website Anda. Lebih jauh, jika terdapat pertanyaan terkait dengan ulasan ini, Anda dapat mengisinya pada kolom komentar di bawah.
(Note: Dengan mengoptimalkan SEO, maka Anda akan dengan mudah mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian Google. Sehingga, akan mampu mendongkrak profit bisnis Anda >> Tingkatkan Profit Bisnis Anda dengan Strategi Digital Marketing dari Ahlinya)