Free tutorials and consultations MENDELEY, SPSS, EXPERT CHOICE, SUPER DECISION, etc. Every Friday at 10:00 am on the 3rd Floor of Campus A STEI Indonesia. Please call the cellphone number or WA 081210106680.

20170126

Menggunakan Instagram Untuk Menjual Produk Menjadi Lebih Mudah

Tips & Trik By Dina Amalia - Blog Jejualan.com. Instagram kini telah meluncurkan game-changer untuk bisnis yaitu Anda sekarang dapat menjual produk langsung dari app. Aplikasi photo-sharing di Instagram menghadirkan tombol baru “Tap To View” pada 1 November 2016 kemarin. Tombol baru ini memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mempelajari lebih lanjut tentang item dalam gambar seperti harga, spesifikasi, dll, serta pilihan untuk pergi langsung ke website resminya dan membeli barang disana. Hal ini tentu memudahkan para pebisnis untuk mempromosikan produknya dengan lebih baik. 

Diambil dari : https://blog.jejualan.com/menggunakan-instagram-untuk-menjual-produk-menjadi-lebih-mudah/ Instagram juga berharap agar para pebisnis tidak hanya melakukan tindakan menjual produk semata, namun bisa juga memberikan informasi yang berguna untuk orang lain seputar produk yang dijualnya. Kebanyakan, pengalaman berbelanja melalui mobile hanya berdasarkan foto dari produk tanpa memberikan konsumen kesempatan untuk mempertimbangkan dan mempelajari produk serta mendapatkan informasi lebih lanjut. 
Instagram memilih untuk menambahkan tombol “Tap To View” agar konsumen mampu mempelajari produk sebelum membeli dan tidak hanya menonjolkan tombol “Buy Now”, karena riset internal menunjukkan bahwa hanya 21% dari pembelian yang dibuat dalam satu hari dan artinya tombol “Buy Now” tidak begitu berarti.
Pilihan “Tap To View” yang baru ini akan muncul di bagian kiri bawah dari foto di Instagram. Fitur ini sedang diuji dengan 20 merek ritel yang berbasis di AS, termasuk Kate Spade, JackThreads, dan Warby Parker. Ketika pengguna menekan ikon tersebut, tag akan muncul hingga lima item dalam postingan lengkap beserta harganya. Saat pengguna mencari atau memilih tag yang lebih spesifik, maka Instagram akan memberikan informasi secara lengkap dan pengguna tidak perlu susah payah untuk browsing mencari informasi terkait. Selain itu, jika pengguna menyentuh ikon “Shop Now”, maka Instagram akan membawa penggunanya ke website resmi si penjual untuk melakukan transaksi.
Dave Gilboa, co-Founder dan co-CEO dari Warby Parker menjelaskan kepentingan perusahaannya dengan fitur baru tersebut. ‘Sekarang ada cara yang lebih sederhana dan bersih bagi kita untuk berbagi rincian tentang produk unggulan dalam postingan kita. Pelanggan sering meminta kami memberikan pengalaman berbelanja yang besar dari kedua sisi’. Fitur ini diharapkan mampu mewujudkan hal tersebut sehingga memberi kemudahan tidak hanya bagi penjual namun juga bagi pembeli.
Warby Parker, mitra ritel Instagram ini juga menguraikan tentang pengalaman pelanggan yang meningkat dan memungkinkan konsumen untuk berbelanja di perusahaannya. Sebelum munculnya tombol “Tap To View”, Instagram telah meluncurkan beberapa update yang terkait dengan bisnis. Pada Juni 2016, Instagram meluncurkan tombol Call-To-Action dengan teks yang muncul di sisi kiri untuk meningkatkan tindakan dari pembeli. Kemudian pada Oktober 2016, mereka menambahkan fitur baru dalam tombol Call-To-Action yaitu:
·         Tombol akan disorot jika pengguna bertahan pada iklan selama 4 detik atau melihat profile name
·         Tombol Call-To-Action juga dihadirkan dalam kolom komentar
·         Dalam iklan video, pengguna yang mengaktifkannya akan dibawa ke URL tujuan saat video terus berjalan di bagian atas layar.
Sekarang bahkan sudah tak terhitung profil-profil bisnis yang baru di Instagram selama musim panas ini. Hal ini diakibatkan banyaknya fitur bisnis yang menjanjikan dari Instagram sehingga menarik perhatian banyak orang untuk mulai berbisnis. Satu hal yang jelas, Instagram dapat memancarkan bisnis Anda. Dengan begitu banyak update fitur bisnis yang terfokus, maka semakin memudahkan dan memungkinkan Anda meraih pelanggan serta menjual produk dengan lebih mudah.