Free tutorials and consultations MENDELEY, SPSS, EXPERT CHOICE, SUPER DECISION, etc. Every Friday at 10:00 am on the 3rd Floor of Campus A STEI Indonesia. Please call the cellphone number or WA 081210106680.

20191024

R Programming | Sejarah, Pengertian dan Fungsinya

R programming adalah sistem perangkat lunak yang dirancang secara khusus untuk mengerjakan semua hal yang berkaitan dengan statistik. R hampir sama dengan program S atau yang sering kita sebut dengan software SPSS. R merupakan satu kesatuan software yang terintegrasi dengan beberapa fasilitas untuk manipulasi, perhitungan, dan penampilan grafik yang handal.
R berbasis pada bahasa pemrograman S yang dikembangkan oleh AT&T Bell Laboratories yang sekarang menjadi Lucent Technologies pada akhir tahun ’70 an. R ini adalah versi gratis dari bahasa S yaitu software (berbayar) yang sejenis yaitu S-PLUS yang banyak digunakan para peneliti dan akademisi dalam melakukan kegiatan ilmiahnya. 



Selain itu juga digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan data scientist untuk mengolah dan menganalisis data di perusahaan tersebut sebagai dasar pengambilan kebijakan proses bisnis.
Bagi seseorang yang masih terbilang awam, tentu saja masih belum mengenal, mengerti, bahkan mengetahui tentang apa itu R programming beserta dengan fungsi dan juga peranan R programming. Bahkan mungkin merasa aneh dengan R.
Nah, berikut ini Anda akan mengetahui mengenai Apa itu R, fungsi, sejarah, perkembangan, fitur-fitur, kelebihan dan kekurangan, dan cara mengunduh software R untuk digunakan dalam data science.